Kamis, 23 April 2009

[Edisi 4] Kuliah Gratis Santri Prestasi


Departemen Agama melalui Direk­torat Jendral Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (Dirjen PD Pontren), tahun ini menggelar seleksi penerimaan mahasiswa baru dari jalur santri berprestasi.
Walisongo - Ratusan orang memadati Auditorium II kampus III IAIN Walisongo Kamis (19/3) lalu, kebanyakan siswa berasal dari Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas. “Mereka mengikuti tes masuk di Perguruan Tinggi Negeri. Semua peserta dari penjuru Jawa Tengah. Mereka mengikuti ujian secara serentak di seluruh Indonesia,” kata Syarif Hidayat, ketua panitia.

Adapun untuk wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta dilaksa­nakan di IAIN Walisongo. “Seleksi ini untuk mengukur kemampuan siswa dan untuk mendapatkan kuota di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.” Syarif Hidayat, yang juga sebagai kepala Pekapontren wilayah Jawa Tengah, mengemu­kakan, seleksi ini adalah yang ketiga. “Yang mendaftar 800 siswa. Namun hanya 595 yang mengikuti tes tertulis,” tuturnya. Masih menurut Syarif, syarat untuk mengikuti tes, yaitu dengan mendaftar di kantor Departemen Agama masing-masing Kabupaten atau Kotamadya. Diajukan oleh Pondok Pesantren yang memiliki Sekolah Menengah Atas atau Madrasah Aliyah. “Selain itu, melampirkan rapor semester 1-5 dengan nilai rata-rata minimal 7,0. Setelah itu mengikuti tes yang meliputi; administrasi, tes tulis bahkan tes wawancara,” ujarnya kepada kru Ngaliyan Metro.
Kuliah Gratis
Secara terpisah, Khoirul Huda, Guru yang mendampingi siswanya dalam mengikuti tes tertulis menyatakan, “Seleksi ini rutin setiap tahun, sehingga nantinya para Guru dapat menyiapkan siswanya untuk tahun depan,” harapnya Guru Madrasah Aliyah Darussalam, Batang.
Bagi calon mahasiswa atau santri yang mengikuti tes dan dinyatakan lolos seleksi oleh panitia akan mendapatkan biaya kuluiah gratis selama 4 tahun untuk menyelesaikan program setrata 1 (S1), dengan rincian dana yang di berikan yaitu Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP), jatah uang bulanan, biaya liburan, biaya penelitian serta biaya pembuatan skripsi. “Yang paling penting adalah mengikuti kegiatan perkuliahan tanpa mengeluarkan dana seperak pun alias gratis yang diberikan oleh Departemen Agama (DEPAG).” Untuk hasil pengumaman kelulusan mereka dapat dilihat di kantor Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah atau diakses lewat internet dengan alamat website www.depag.go.id. (Nazar/NM)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar