Kamis, 23 April 2009

[Edisi 5] Hotspot Mati, Mahasiswa Kecewa


Siapa tidak kenal hotspot? Jaringan nirkabel itu telah menjadi populer di masyarakat, terutama mahasiswa. Seiring banyak beredarnya laptop di pasaran, area ini merupakan ke­butuhan yang tidak terelakkan bagi pese­lancar dunia maya.
Ngaliyan - Di IAIN Semarang, terdapat area bebas informasi sejak 2006, tepatnya di Perpustakaan Pusat. Sama halnya di setiap Kantor Fakultas; Syari’ah, Dakwah, Ushuluddin, dan Tarbiyah ikut ber­langganan.

Di setiap sudut terdapat area maya yang dijaga para operator berkompeten. “Keberadaan area ini banyak membantu mahasiswa pengguna laptop yang jumlahnya semakin meningkat. Jadi, mereka bisa mengakses informasi dengan lancar tanpa harus antri,” ucap Ely, salah satu pengguna. Itulah salah satu alasan hotspot area yang berada di Perpustakaan lantai dua depan ruang AMCOR (American Corner). Dalam keseharian, ruangan atas tersebut adalah tempat para mahasiswa yang menggunakan laptop untuk beraktifitas, yakni mengakses informasi lewat dunia maya.
Kerusakan
Namun, setelah berjalan beberapa bulan, pada Oktober 2008 lalu terjadi kerusakan pada servernya sampai sekarang. Miswan, selaku operator, mengatakan bahwa di tahun-tahun sebelumnya ia telah mengusulkan untuk mengadakan penggantian server.“Mengingat server yang dipakai merupakan produk lama yang tidak ada lagi di pasaran. Namun, usulan tersebut belum dapat diterima,” terangnya. Perbaikan demi perbaikan telah dijalankan dan sekarang tinggal menuggu server yang telah di pesan dari visipro. Ia juga mengimbuhkan, jika dibanding dengan server yang baru-baru ini harganya cukup mahal. Hingga mencapai Rp 1,5 juta. Sedangkan server keluaran sekarang tidak mencapai Rp 500 ribu. Kejadian tersebut telah dikonfirmasikan ke Puskom atau rektorat. Pihak rektorat telah merespon dengan baik.
Kejadian tersebut sempat membuat kecewa mahasiswa pengguna laptop. Karena dengan sedikit kewalahan mereka membawa laptop, hanya untuk dapat mengakses informasi dengan mudah. Setelah kejadian tersebut ruangan yang dulu sempat ramai dibanjiri oleh pengguna laptop kini sepi. Hanya beberapa gelintir orang saja yang ke sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar